Warung Merdeka

SAATNYA WARUNG IKUTI ARUS KE ERA DIGITAL






Warung adalah tempat sarana jual-beli yang sudah ada sejak lama. Warung sangat akrab dan
melekat  bagi  warga sekitar yang ingin berbelanja kebutuhan rumah tangga maupun hanya          sekedar untuk jajan. Tapi sekarang jaman sudah mulai berubah. Warung-warung di berbagai                daerah mulai terlihat sepi pembeli, dan tidak sedikit yang tutup usaha. karena sudah banyak
sekali Pasar Modern dan Mini Market bertebaran di seluruh penjuru tanah air.
Apa lagi yang pasokangannya sedikit lebih lengkap, Mini Market juga mulai maju ke era                  digital. Jadi bagaimana cara warung tradisional bersaing dengan pasar yang mengikuti
arus era modern ? Saya punya beberapa tips untuk warung agar bisa bersaing di era modern
seperti sekarang.

  1. PRODUK USAHA SENDIRI 
    Jadi, selain warung menjual produk-produk yang sudah banyak dijual di Mini Market atau dimanapun, akan lebih baik jika mereka jual produk mereka sendiri. Kenapa ? Karena produk usaha sendiri mencerminkan ciri khas dari warung tersebut. Ada banyak macam produk yang bisa dijual di warung sendiri seperti Kue, Street Food (nasi goreng, sate, ketupat sayur, gado-gado, dll) atau bahkan Kuota/Pulsa yang banyak diminati anak milenial sekarang. Ya mungkin pulsa atau kuota bukan salah satu produk buatan sendiri tetapi itu bisa mendongkrak jumlah pembeli yang akan datang ke warung. Bisa saja selain mereka membeli produk usaha kita sendiri, mereka juga membeli produk-produk yang sudah kita jual sebelumnya. Otomatis pendapatan makin bertambah.

  2. PROMOSI 
    Jaman sekarang adalah jamannya promosi bagi setiap pedagang. Dengan promosi seperti discount yang gede, orang-orang pun terpancing untuk membeli produk mereka. Trik promosi bukanlah trik yang baru, tetapi sekarang dengan majunya jaman digital, orang-orang tertarik dengan kata "Promosi" yang di posting setiap wirausahawan di sosial media mereka.
    Apa bila pedagang-pedagang warung melakukan hal yang sama, kemungkinan  banyak orang yang sebelumnya tidak tahu akan usaha mereka, akan menjadi salah satu pelanggan tetap jika para pengusaha ini pintar dalam memanage promosi yang mereka adakan.

  3. PEMBAYARAN DIGITAL 
    Sekarang adalah Eranya pembayaran Digital. Melakukan pembayaran Digital sangat merubah  cara hidup hampir setiap orang. Terkadang orang tidak perlu lagi membawa dompet untuk  beraktifitas diluar rumah. Hanya dengan smartphone, mereka bisa melakukan transaksi apa  saja  dan menggunakan kendaraan umum hanya dengan satu App Digital dari smartphone mereka. Kudo, salah satu App yang sangat banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia sekarang. Bukan hanya mempermudah pembayaran, tetapi juga Kudo banyak melakukan kerja  sama dengan mitranya untuk memberikan Discount kepada hampir semua produk yang dijual.  Jadi, jika warung menggunakan pembayaran Digital, tidak hanya warung mereka akan terlihat  oleh juataan orang pengguna, tetapi warung mereka bisa bersaing dengan pengusaha Mini  Market lainnya lewat ajang Promosi.
         

          Jika warung-warung bekerja sama dengan Kudo untuk bersaing di Era Modern ini, fitur-fitur              apa saja yang akan mereka dapat ? yuk kita lihat !

  • Grosir Sembako
    Ya, Warung akan mendapat Grosir Sembako dimana tempat yang sangat nyaman untuk memesan stok
    dagangan. Selain sampainya cepat, harganya pun jadi lebih murah. Menguntungkan sekali bukan ?

  • Transfer Uang
    Dengan Aplikasi Kudo, Transfer uang bukan lah lagi hal yang sulit dilakukan. Tidak perlu lagi untuk mengantri di bank dan membuang banyak waktu.  Tentu saja fitur ini sangat aman dan nyaman untuk
    digunakan.

  • Bisnis Pulsa
    Seperti saran saya diatas, Bisnis pulsa adalah salah satu cara untuk membuat warung dapat lebih banyak pengunjung. Tentu saja dengan Aplikasi Kudo bisnis ini tidak sulit untuk di realisasikan.

  • Bayar Tagihan Telepon
    Dengan fitur ini, Orang-orang bisa mengecek dan membayar tagihan telepon mereka di warung-warung mitra Kudo terdekat. Tidak pakai lama dan sangat simple, pembayaran tagihan pun selesai.

  • PPOB (Payment Point Online Bank)
    Tidak hanya untuk bayar tagihan telepon, tapi kalian bisa juga membayar tagihan asuransi, air (PDAM), listrik (PLN), Kesehatan (BPJS), dan masih banyak lagi hanya di SATU TEMPAT. Wow !

  • Tiket Kereta 
    Tentu saja fitur ini sangat banyak diminati oleh orang-orang yang sering berpergian keluar kota terutama lewat jalur darat. Apa lagi  menjelang hari raya, sudah pasti orang-orang akan mencari lokasi terdekat untuk membeli tiket.  Ini akan sangat menguntungkan bagi warung-warung yang bermitra
    dengan Kudo.

  • Daftar Grab 
    Jika kalian ingin bermitra dengan Grab, kalian bisa lakukan registrasi lewat Aplikasi Kudo.



Jadi, bagi pengusaha warung jangan khawatir akan kalah dengan pengusaha Modern lainnya.
Ada banyak jalan untuk bersaing. Lebih baik jika  para pengusaha warung tradisional beralih menjadi  Warung Digital serba Bisa  , tentu saja mempermudah dari cara Marketing maupun Pembayaran yang akan menggugah minat para pelanggan untuk berkunjung.
 Lakukanlah kreatifitas tanpa batas. Kreatifitas tidak hanya dibutuhkan untuk seni, tetapi juga sangat dibutuhkan untuk para pengusaha/pedagang. Semoga para pengusaha warung terus SUKSES !
                           
                   

                        Merdekain Warung Tradisional Pakai Kudo, Aplikasi Digital Buat #MajuinWarung
    Artikel sedang diikutsertakan dalam perlombaan Merdekain Warung Blog Competition oleh Kudo

    Komentar